Semua bisnis tentunya tak lepas dari peran karyawan, tanpa karyawan maka
sulit membuat bisnis itu menjadi lebih besar, yang dibutuhkan disini
tentunya karyawan yang produktif. tapi kadang-kadang stres dan
faktor-faktor lain dapat membuat pekerja merasa terlalu lamban untuk
bekerja lebih produktif. Kabar baiknya adalah, ilmu pengetahuan dapat
membantu Anda lebih produktif dalam bekerja.
baca :
4 Cara Sederhana Mengurangi Stres Ditempat Kerja
Ternyata, hal-hal kecil seperti warna dekorasi kantor atau di mana
karyawan duduk dapat membuat semua perbedaan di dunia kerja untuk
meningkatkan kinerja. Bahkan mengubah cara, Anda minum kopi Anda dapat
memiliki dampak yang lebih besar pada Anda daripada yang Anda sadari.
Berikut adalah
5 Cara Sederhana yang terbukti meningkatkan produktivitas di tempat kerja.
1. Let In Natural Light ( Membiarkan Cahaya Alami Ditempat Kerja )
Salah satu cara pengusaha dapat meningkatkan produktivitas di tempat
kerja adalah dengan memastikan karyawan mereka mendapatkan banyak
paparan cahaya alami sepanjang hari. Penelitian dari
the Interdepartmental Neuroscience program at Chicago's Northwestern University
menunjukkan bahwa karyawan yang bekerja di kantor dengan jendela yang
terkena cahaya matahari, 173 persen lebih bagus dibandingkan mereka yang
bekerja di kantor-kantor tak berjendela, menurut
Psychology Today.
Studi ini juga menemukan bahwa karyawan yang bekerja di kantor
berjendela tidur rata-rata 46 menit lebih per malam, mengalami kualitas
tidur yang lebih baik dan efisiensi, dan melaporkan kualitas yang lebih
tinggi dari nilai hidup daripada mereka yang tidak. Karyawan yang
bekerja di kantor tak berjendela melaporkan gangguan tidur lebih banyak
dan disfungsi siang hari. Hal ini karena kurangnya cahaya alami dapat
mengganggu irama sirkadian tubuh mereka dan bahkan menyebabkan gangguan
afektif musiman.
Jika kantor atau ruangan tidak memiliki jendela di dekatnya, Anda dapat
membeli kotak cahaya atau lampu terapi yang meniru cahaya luar ruangan
alami.
2. Hiasi Ruang Kerja dengan Warna yang Tepat
Nah ini sangat penting sekali mendekorasi ruangan kerja anda supaya
tidak monoton, Untuk menjaga inspirasi, kreatifitas dan produktivitas
yang tinggi, pastikan dinding kantor Anda tidak telanjang putih. Sebuah
studi University of Texas melihat dampak dari warna pada produktivitas,
menemukan bahwa dinding putih sangat buruk bagi produktivitas dan
kualitas kerja.
Penelitian ini menguji tiga kelompok orang dengan meminta mereka bekerja
di tiga kamar yang berbeda warna - merah, aqua dan putih. Subyek
membuat lebih banyak kesalahan di ruang putih daripada di lain
"Putih tidak membantu kita menjadi lebih produktif, dan sebagian besar
lingkungan kerja yang putih, atau abu-abu," kata peneliti Nancy Kwallek,
tercatat bahwa nuansa biru atau biru-hijau tampaknya menjadi pilihan
terbaik untuk skema warna kantor.
Studi lain oleh University of British Columbia menemukan bahwa merah
dapat meningkatkan kinerja karyawan dengan tugas berorientasi pada
detail, sedangkan biru menenangkan dan meningkatkan kreativitas dan
komunikasi. Hijau juga bagus untuk inspirasi kreativitas dan inovasi,
namun, kuning, dapat menyebabkan kecemasan dan frustrasi, dan abu-abu
dapat menyebabkan kehilangan energi dan depresi, nampaknya arti sebuah
warna disini sangat penting untuk mendekorasi ruangan kerja lebih
menarik.
3. Coba Sedikit Minum Kopi dan tidur Siang Sejenak
Ketika Anda merasa lesu di tempat kerja, Anda mungkin lebih baik beralih
ke secangkir kopi dan sedikit istirahat atau tidur siang sejenak. Tapi
kopi atau tidur siang saja mungkin tidak banyak membantu, beberapa studi
menunjukkan bahwa menggabungkan keduanya mungkin menjadi apa yang Anda
butuhkan untuk meningkatkan produktivitas Anda
Minum secangkir kopi dan kemudian mengambil 20 menit untuk tidur siang
setelahnya, sangat membantu untuk beberapa alasan, menurut Vox. Kafein
bekerja dengan menghalangi adenosine (tingkat tinggi adenosin membuat
Anda merasa lelah) di otak untuk membuat Anda tetap terjaga - tetapi
tidak dapat memblokir adenosin dari semua reseptor otak Anda. nah di
situlah peran tidur siang sangat membantu, karena tidur juga secara
alami membersihkan adenosine dari otak. Tidur siang selama 15 sampai 20
menit memastikan bahwa Anda akan mendapatkan sedikit istirahat tanpa
harus masuk ke dalam tidur yang nyenyak, dan Anda akan bangun tepat pada
waktunya dan lebih bersemangat.
Dan sebuah studi dari Hiroshima University menemukan bahwa kombinasi
keduanya yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja, dengan efek
yang berlangsung selama sekitar satu jam setelah bangun. Jadi, para
pengusaha, Anda mungkin ingin berinvestasi dengan kopi dan memberi waktu
tidur siang bagi karyawanmu?
4. Coba mengatur Posisi Tempat duduk Baru
Merubah Posisi dimana karyawan/Anda Duduk dapat meningkatkan produktivitas anda.
Christian Catalini, asisten profesor di Massachusetts Institute of
Technology Sloan School of Management, mengatakan kepada Wall Street
Journal bahwa pengelompokan pekerja bersama-sama dengan departemen dapat
menumbuhkan fokus dan efisiensi, tetapi pencampuran mereka juga dapat
menyebabkan inovasi.
Dan Sigal Barsade, a University of Pennsylvania management professor,
mengatakan bahwa disposisi pekerja benar-benar bisa menular, sehingga
pengelompokan orang berdasarkan temperamen mereka benar-benar dapat
berdampak pada lingkungan kerja perusahaan.
The Wall Street Journal juga melaporkan pada beberapa perusahaan yang
telah bereksperimen dengan pengaturan tempat duduk yang berbeda dan
telah melihat hasil yang menarik. Perwakilan dari Hubspot menemukan
bahwa pengelompokan eksekutif mereka bersama-sama membuat karyawan
merasa seperti mereka terlalu jauh dari perusahaan, misalnya. Dan
co-founder Kayak.com Paul English menemukan bahwa menempatkan karyawan
baru di daerah tertentu berdasarkan kepribadian mereka dan kebiasaan
kerja yang benar-benar bisa mengubah dinamika kelompok yang berbeda di
kantor.
5. Take breaks together ( Mengambil Istirahat Bersama )
Setiap orang membutuhkan satu atau dua istirahat selama hari kerja, tapi
ternyata, mengambil istirahat dengan rekan kerja Anda, dapat memiliki
dampak besar pada kinerja Anda.
Memberikan karyawan kesempatan untuk mengambil istirahat bersama-sama
dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi stres, menurut sebuah
penelitian yang dilakukan oleh sociometric Solutions, Massachusetts
berbasis layanan manajemen bisnis.
Jadi apa yang akan Anda terapkan untuk produktivitas Anda? itu semua tergantung pilihan anda. selamat mencoba.
Komentar
Posting Komentar